Posted on Apr - 18 - 2013
Posted by admin
Categories Pemkot Malang

Namanya terdengar aneh, tetapi itulah sebutan untuk mi yang sedang digandrungi warga Kota Malang. Sepintas racikan mie ini tidak berbeda dengan mie lainnya. Namun yang membuat istimewa dari mie setan ini adalah menjadikan penyantapnya kesetanan alias kepedasan. Tak heran istilah setan disematkan untuk mie ini.

Menariknya, padanan yang tepat untuk mie setan adalah pada minuman dari satu rumpun, yakni es tuyul hingga es genderuwo. Tentu ini inovasi kreatif untuk menambah daya tarik konsumen agar memilih berwisata kuliner di restoran ini.

Pemandangan pertama yang terlihat saat berada di depan restoran mie setan adalah antrean yang panjang. Anak muda terlihat mendominasi. Maklum, selain lezat dengan rasa pedas yang menampar, juga harga relatif terjangkau untuk kantong anak muda ataupun mahasiswa. Harga yang dipatok untuk semua level mi setan adalah Rp 8.000.

Awal mula saya mengenal mie setan saat acara ulang tahun seorang teman kuliah yang menantang siapa saja untuk menyantap habis mi setan level lima. Bila tantangan tersebut berhasil, biaya makan akan dia gratiskan.

Asal tahu saja, mie setan memiliki tingkatan pedas dari level satu hingga lima. Level mie setan ini berdasarkan jumlah cabai yang diimbuhkan dalam seporsi mie. Jumlah cabai dalam mie setan level satu sebanyak 12 biji, 25 biji cabai untuk mie setan level dua, 35 biji cabai untuk level tiga, hingga 65 biji cabai untuk level enam. Omong-omong soal cabai, yang mereka pakai adalah cabai rawit!

Sebelum menyantap mie setan, pembeli sudah dibuat penasaran dengan sabar menunggu sekitar 30 menit. Dari kelompok yang hadir, hanya seorang teman yang menerima tantangan untuk menghabiskan seporsi mi setan, namun turun satu level. Nah!

Saat pesanan mie sudah ditata di depan mata, mulailah aktivitas kesetanan. Decak dan seruan huh hah terdengar di mana-mana. Paling sering suapan sesendok mie setan harus terputus dengan gelontoran air minum. Padahal, di antara kami memesan mi setan level satu dan dua, sudah dibuat mengucurkan air mata setan! Uniknya, aksi kesetanan kami tersebut direkam TransTV!

Kebetulan ketika rombongan kami ke sana, kru acara dari TransTV tengah meliput. Dan mereka meminta untuk meliput aktivitas dan ekspresi kami saat menyantap mie setan. Soal masuk tivi dan urusan kesetanan hingga menangis, kami nyaris tak hirau lagi karena kami benar-benar dibuat kesetanan dengan pedasnya mie setan.

Tentu bagi yang doyan masakan pedas, mie setan bisa menjadi sensasi yang paling dicari. Sebaliknya bagi mereka yang kurang menyukai rasa pedas, pastikan Anda siap-siap kesetanan. Satu lagi, pastikan Anda datang lebih awal untuk menghindari antrean yang panjang. Restoran mie setan ini buka mulai pukul 15.00 WIB.

Leave a Reply